Memudahkan Iklan UKM dengan YouTube Video Builder

0
363

Uzone.id – YouTube baru sama mengumumkan tools baru dan murah untuk memudahkan iklan UKM dan membantu usaha kecil menjangkau pelanggan mereka. Nama tools tersebut adalah Video Builder. Masih dalam versi beta, Video Builder mempermudah pengguna untuk membuat iklan sebelum ditayangkan.

Google SEO Tools Terbaik untuk Tingkatkan Peringkat Website

Mengutip Tech Crunch, YouTube telah melakukan pengujian tool ini dengan sekelompok kecil pelanggan selama berbulan-bulan dan akhirnya diluncurkan di tengah pandemi Covid-19.

“Kami pikir Video Builder dapat memudahkan iklan bagi para UKM dan membantu bisnis dari semua skala yang membutuhkan video cepat, terutama sekarang, ketika kami telah mendengar dari banyak bisnis bahwa mereka perlu memperbarui iklan mereka kepada pelanggan dengan cepat dan mudah,” kata Ali Miller, director of Product Management di YouTube Ads.

Panduan SEO Youtube dan memudahkan iklan UKM

Apa Itu Buyer Pesona? dan Bagaimana Manfaatnya untuk Bisnis Anda

Mengutip Input, untuk saat ini, Video Builder hanya mendukung pembuatan iklan hingga 15 detik. Perusahaan atau agensi yang lebih besar juga dapat menggunakan tool itu.

Panduan Terbaru Digital Marketing, Upaya Jitu Tingkatkan Promosi Bisnis Anda

YouTube Video Builder menawarkan beberapa layout berbeda yang bisa disesuaikan dengan tujuan bisnis, mulai dari promosi hingga fokus pada produk tertentu. Setiap layout memiliki kombinasi foto dan teks berbeda yang dapat ditampilkan sebelum pengguna memilihnya.

“Video Builder dapat membantu pemilik bisnis dari segala segmen yang membutuhkan video promosi secara cepat, terutama di saat seperti ini banyak bisnis yang memerlukan hal itu untuk memperkenalkan produknya kepada pelanggan,” kata Ali Miller, Direktur Manajemen Produk Iklan YouTube.

memudahkan iklan UKM

Cara Agar Artikel Website Terindex di Google dengan Cepat Tanpa Backlink

Untuk menggunakan tools tersebut, pemilik usaha hanya cukup memiliki akun Google untuk mengakses layanan, seperti Gmail dan YouTube.

Jika tidak memiliki akun Google, pemilik bisnis bisa menghubungkan e-mail non-Google mereka dengan akun Google. Cara penggunaan tools ini juga mudah, untuk versi beta dari Video Builder, pengguna dapat membuat animasi statis dari bisnis mereka, yang mencakup gambar, teks, foto, dan dipadukan dengan musik yang dapat diambil langsung dari YouTube.

Pengguna bisa memilih video berdurasi 6 atau 15 detik, memilih berbagai template dengan tema atau konsep promosi yang diinginkan, lalu dihiasi dengan warna dan font yang cocok dengan tema yang telah dipilih.

Cara Menempatkan Kata Kunci (Keyword) Pada Artikel Website

Video promosi yang dibuat kemudian bisa dipublikasikan melalui kanal YouTube mereka, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TechCrunch, Rabu (15/4/2020).

Video promosi itu juga dapat dibagikan ke platform media sosial lain, atau disematkan ke situs web.

Jika ingin dipromosikan secara lebih luas, para pemilik usaha juga dapat mempromosikannya melalui iklan berbayar di Google. YouTube mengklaim bahwa video yang dibuat dengan tool Video Builder ini bakal dioptimalkan, yang nantinya dapat dilihat oleh penonton YouTube dan juga terintegrasi dengan program Iklan Google.

Rahasia Keyword di Google : Tehnik Ini Cocok untuk Pemula

Lantas, siapa yang membayar untuk penempatan iklan ini? Dalam beberapa kasus, usaha kecil mungkin masih harus membayar untuk benar-benar dapat menjalankan iklan.

Google memang telah mengumumkan akan memasok kredit iklan usaha kecil hingga menengah dengan dana USD 340 juta (sekitar Rp 5,3 triliun), tetapi itu hanya berlaku bagi mereka yang sudah memiliki akun.

Meski telah resmi dirilis, namun YouTube belum menjelaskan secara detail di negara mana saja tools video builder ini akan digulirkan.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “YouTube Permudah UKM Bikin Video Promosi”, https://tekno.kompas.com/read/2020/04/15/14110067/youtube-permudah-ukm-bikin-video-promosi.
Penulis : Conney Stephanie
Editor : Reska K. Nistanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here