Instagram Tools Terbaik untuk Pemilik Bisnis

0
34
Tips jitu jualan di instagram

Mengelola Instagram untuk bisnis itu tidak cukup kalau hanya memakai Instagram saja, lho. Berikut kita membahas, membahas ada banyak Instagram tools yang bisa digunakan untuk mengelola postingan di akun bisnis sosial media Anda.

Strategi Instagram Marketing yang kami bahas di artikel →Strategi Instagram Marketing lengkap yang Wajib Anda Coba di 2020 memang jitu untuk meningkatkan brand awareness Anda di Instagram. Namun, Anda bisa membuatnya lebih maksimal lagi dengan beberapa tools tambahan.

Oleh karena itu, di artikel kali ini kami akan memberikan daftar Instagram tools terbaik yang wajib dipakai oleh pebisnis.

Kami akan membagi tools Instagram di bawah ini menjadi lima kategori: Instagram Tools untuk Desain, Instagram Tools untuk Video, Instagram Tools untuk Marketing dan Instagram Tools untuk Analisis Data.

Aplikasi edit video yang cocok untuk promosikan bisnis Anda.

Instagram Tools untuk Desain

Salah satu hal terpenting bagi bisnis di Instagram adalah menghias feed dengan visual yang menarik. Visual ini haruslah bisa mencerminkan identitas dan nilai dari brand Anda.

Tenang saja, walaupun Anda bukan fotografer profesional, tetap bisa kok membuat gambar-gambar yang indah hanya dengan handphone saja. Berikut aplikasi yang bisa membantu menghias feed Anda:

1. VSCO (Android, iOS)

instagram tools desain VSCO
VSCO Instagram Tools Android

Mungkin VSCO adalah tools Instagram terpopuler dalam daftar ini. Tak heran karena fitur-fiturnya yang bisa mengubah foto dari kamera handphone menjadi indah. VSCO sudah menjadi Instagram tools yang tak terpisahkan apabila Anda menjalankan bisnis di Instagram.

VSCO menawarkan fitur-fitur editing cukup lengkap. Termasuk dengan berbagai pilihan filter yang membuat foto Anda seperti tak diambil dari kamera handphone.

Harga: Gratis untuk fitur editing standar dan pilihan filter yang terbatas. $19.99/tahun dengan fitur editing lengkap dan filter yang tak terbatas.

Ikuti panduan strategi marketing di Instagram lengkap disini

Fitur unggulan:

  • Filter kualitas tinggi;
  • Fitur editing cukup lengkap;
  • Mudah digunakan.

2. Snapseed (Android, iOS, Windows, macOS)

Snapseed adalah tools Instagram yang bagus karena menawarkan fitur editing yang cukup lengkap dengan gratis. Anda bisa menemukan fitur seperti Tune Image, HDR Scape, Transform, dan sebagainya.

Snapseed juga memiliki fitur bernama Stacks. Fitur ini memungkinkan Anda untuk menyimpan pengaturan editing yang telah dilakukan sehingga bisa langsung diterapkan di foto lainnya tanpa mulai dari nol. Snapseed ini cocok bagi Anda yang ingin mengedit berbagai aspek dari foto dengan mudah dan cepat.

Harga: Gratis

Fitur unggulan:

  • Fitur editing cukup lengkap;
  • Stacks yang bisa menyimpan pengaturan editing;
  • Ringan

3. Afterlight (iOS)

Afterlight adalah aplikasi edit gambar yang menawarkan berbagai macam template filter, tekstur hingga frame sehingga membuat Anda bisa dengan cepat mengedit foto. Namun, Anda juga tetap diberi kebebasan untuk membuat dan menyimpan template buatan sendiri.

Afterlight adalah aplikasi dengan tampilan yang simpel dan indah, sehingga mudah untuk digunakan. Ini adalah tools Instagram yang patut dilirik apabila Anda serius mempercantik feed akun bisnis Anda.

Harga: Free Trial tujuh hari. Setelah itu, $2.99/ bulan atau $17.99/ tahun

Fitur unggulan:

  • Mudah digunakan dengan banyak pilihan pengaturan;
  • Tampilan simpel dan menarik.

Coworking Ini Pakai Instagram untuk Menarik Ribuan Pengunjung.

panduan lengkap Facebook marketing untuk meningkatkan penjualan produk Anda

4. Canva (Web, Android, iOS)

Featured image Canva

Canva adalah aplikasi editing lain yang bisa Anda coba. Instagram tools satu ini menawarkan lebih dari 8.000 template gratis untuk berbagai jenis konten visual yang Anda butuhkan. Jumlah ini tentunya terbanyak dibandingkan tools Instagram lain yang ada di daftar ini.

Dengan Canva, Anda bisa melakukan kustomisasi teks, memilih ratusan icon dan ilustrasi, serta pilihan background yang tak bikin bosan. Agar bisa memaksimalkan Canva untuk Instagram, kami menyarankan Anda membaca→ Cara Menggunakan Canva: Tutorial Membuat Design Gratis.

Harga: Gratis. Anda juga bisa mengaktifkan Canva Pro dengan biaya $12.95/bulan untuk mengakses template premium.

Fitur unggulan:

  • 8.000+ template gratis;
  • Sangat cocok untuk Instagram Stories.

5. Photoshop Express (Android, iOS, Windows)

Yup, Anda juga bisa menggunakan Photoshop di handphone. Walaupun aplikasi Photoshop Express tak memiliki fitur selengkap versi desktop, tetap saja aplikasi ini menawarkan fitur editing yang tak bisa diremehkan. Mulai dari pilihan filter, preset, hingga menambahkan watermark.

Harga: Gratis

Fitur unggulan:

  • Instagram tools gratis dengan fitur cukup bagus;
  • Beberapa fitur mirip dengan Photoshop versi desktop.

Instagram Tools untuk Video

Tak perlu mahal-mahal menyewa jasa pembuatan video untuk menciptakan video yang menarik bagi strategi Video Marketing bisnis Anda.

Sebab, tools Instagram di bawah ini memungkinkan Anda untuk mengedit video dengan cepat dari handphone dan merubahnya menjadi video berkualitas tinggi.

6. Boomerang from Instagram (Android, iOS)

Boomerang adalah aplikasi buatan Instagram yang memungkinkan Anda untuk membuat video pendek berulang-ulang. Setelah selesai, Anda bisa langsung mempostingnya di Instagram atau menyimpannya untuk diposting nanti.

Harga: Gratis

Fitur unggulan:

  • Mudah digunakan;
  • Bisa menyimpan hasil video.

7. Life Lapse (Android, iOS)

tools Instagram video Life Lapse

Berbanding terbalik dengan Boomerang for Instagram, Life Lapse cocok untuk membuat video dengan durasi lebih lama. Dengan aplikasi ini, Anda bisa membuat video stop-motion untuk memamerkan suatu produk.

Fitur Life Lapse juga beragam. Anda bisa menambah sebanyak mungkin foto, menentukan ukuran video, mengatur kecepatan gambar, hingga memasukkan musik ke dalamnya.

Harga: Gratis, tapi terdapat in-app purchases dengan harga bervariasi.

Fitur unggulan:

  • Fitur melimpah;
  • Stop-motion sangat cocok untuk memamerkan suatu produk.

8. HypeType (iOS)

HypeType adalah tools Instagram yang memiliki koleksi font dan animasi yang banyak. Anda bisa dengan mudah membuat caption yang menggambarkan berbagai adegan di video. Anda juga bisa langsung memposting hasilnya di Instagram tanpa keluar dari HypeType.

Harga: Gratis dengan watermark. Anda harus membayar untuk menghilangkan watermark atau jika ingin membeli font tambahan.

Fitur unggulan:

  • Koleksi font dan animasi yang banyak;
  • Langsung upload tanpa keluar aplikasi.

Instagram Tools untuk Marketing

Anda sudah siap menerbitkan konten setelah menggunakan tools Instagram di atas. Namun, sebelum itu pastikan bahwa konten Anda bisa menjangkau banyak orang.

Nah, Instagram Tools di bawah ini bisa membantu Anda untuk meningkatkan follower dan berhubungan dengan lebih banyak orang di saat yang sama.

9. Repost for Instagram (Android)

Tools Repost for Instagram

Alih-alih memposting foto yang diambil sendiri, Anda bisa memanfaatkan postingan dari follower (regram). Repost for Instagram memungkinkan Anda untuk memilih foto dari follower dan memberikan sumber di saat yang sama dengan cara yang mudah,

Untuk regram dari akun Instagram follower, cukup salin URL dari postingan mereka dan buka aplikasi Repost. Anda bisa menambahkan sumber, menyalin caption dari gambar asal, dan siap untuk posting ke akun hanya dalam hitungan detik saja.

Harga: Gratis

Fitur unggulan:

  • Mudah digunakan;
  • Menambahkan sumber di gambar;
  • Bisa langsung regram dari Repost.

10. AutoHash (Android)

Mungkin tak berlebihan kalau menyebut instagram tools gratis satu ini sebagai cara termudah untuk menemukan hashtag yang cocok dengan gambar Anda. AutoHash menggunakan AI untuk mengenali objek yang ada di gambar dan akan memberikan rekomendasi hashtag berdasarkan objek tersebut.

AutoHash juga secara otomatis membatasi hashtag sebanyak 30 hashtag saja, sehingga tak melebihi ketentuan dari Instagram. Setelah  memilih hashtag yang sesuai, Anda bisa menyalin dan menaruhnya di postingan.

Harga: Gratis

Fitur unggulan:

  • AI yang canggih;
  • Proses cukup cepat;
  • Rekomendasi hashtag tak melebihi batasan Instagram.

11. Display Purposes (Web)

Penggunaan Display Purposes ini cukup simpel. Anda tinggal memasukkan suatu keyword atau hastag yang sudah ada, lalu Instagram tools gratis ini akan memberikan rekomendasi hastag tambahan.

Di Display Purposes Anda juga bisa mengatur jumlah hashtag yang diinginkan, bahkan hingga ke jumlah tak terhingga sekalipun. Selain itu, tools ini juga menampilkan popularitas dan tingkat relevansi dari masing-masing hashtag yang direkomendasikan.

Harga: Gratis

Fitur unggulan:

  • Tak perlu download;
  • Bisa mengatur jumlah hashtag;
  • Ditampilkannya popularitas dan tingkat relevansi.

Instagram Tools untuk Penjadwalan

Agar follower tetap setia, Anda harus rutin update konten baru. Namun, tak bisa dipungkiri bahwa sebagai pebisnis yang sibuk, Anda kadang lupa untuk update konten di Instagram dengan rutin. 

Untungnya, ada beberapa tools Instagram yang memungkinkan Anda untuk mengatur jadwal terbit konten jauh-jauh hari sebelumnya. Bahkan, beberapa di antaranya memungkinkan Anda untuk posting lewat komputer. Sehingga Anda tak hanya tergantung dengan aplikasi Instagram saja.

12. Sked (Android, iOS, Web)

penjadwalan postingan di sked

Sked adalah tools Instagram yang bagus dengan segudang fitur. Tak hanya berfungsi sebagai aplikasi penjadwalan, Sked juga dibekali dengan fitur editing foto yang tak kalah bagusnya.

Anda juga bisa melakukan upload massal dengan Sked. Jadi Anda tak perlu mengatur jadwal upload foto berulang kali. Cukup sekali saja dan duduk manis sembari Sked mengupload foto sesuai jadwal yang ditentukan.

Harga: Free Trial tujuh hari. Setelah itu, Anda harus membayar $25/bulan.

Fitur unggulan:

  • Bisa diakses lewat komputer;
  • Dibekali fitur editing foto;
  • Upload massal.

13. Later (Android, iOS, Web)

Later adalah tools Instagram dengan fitur yang beragam. Tak hanya berguna untuk mengatur penjadwalan, Later juga bisa untuk riset hashtag dan melakukan regram. Anda juga bisa melihat preview konten sebelum terbit, sehingga bisa mendapatkan gambaran lebih jelas seperti apa feed Anda nantinya.

Later mendukung penjadwalan berbagai macam konten. Mulai dari gambar, video, stories, hingga posting album gambar sekalipun. Namun, untuk penjadwalan video dan stories hanya tersedia di versi berbayar.

Harga: Gratis untuk satu pengguna dan bisa menjadwal 30 postingan per bulan. $9/bulan untuk membuka fitur penjadwalan stories dan bisa posting hingga 100 postingan per bulan.

Fitur unggulan:

  • Mendukung penjadwalan berbagai jenis konten di Instagram;
  • Fitur preview;
  • Dibekali berbagai fitur, seperti riset hashtag dan regram.

14. Hootsuite (Android, iOS, Web)

Hootsuite memungkinkan Anda untuk menjadwal postingan di Instagram dari jauh-jauh hari. Anda bakal diberi pemberitahuan kalau Hootsuite akan segera memposting saat jadwal hendak datang. J

adi, apabila Anda hendak mengubah konten bisa melakukannya sebelum konten diterbitkan di Instagram.

Harga: Free Trial 30 hari. Setelah itu, $29/bulan untuk Professional Plan.

Fitur unggulan: 

  • Pemberitahuan sebelum posting;
  • Waktu free trial cukup lama.

15. Buffer (Android, iOS, Web)

Terkenal berkat kemampuannya menjadwal postingan di Facebook dan Twitter, Buffer sekarang juga mendukung untuk Instagram. Anda bisa menjadwalkan postingan langsung dari web atau dari aplikasi yang telah disediakan.

Fitur premium dari Buffer memungkinkan Anda untuk menjadwal stories, dan membuka fitur analytic untuk menganalisa performa. Instagram tools yang cukup lengkap, kan?

Harga: Gratis untuk satu pengguna, dengan tiga akun dan jadwal 10 postingan. Sedangkan, Pro Plan berharga $15/bulan dan Premium Plan 65$. 

Fitur unggulan:

  • Bisa dipakai gratis;
  • Fitur premium yang bagus.

Instagram Tools untuk Analisis dan Monitor Data

Anda pasti ingin tahu apakah usaha menghias feed dengan konten-konten menarik memberikan hasil seperti yang diinginkan. Tools Instagram untuk analisis dan monitor data di bawah ini bisa membantu Anda melihat performa bisnis di Instagram dari berbagai sisi. 

Dengan Instagram tools ini, Anda bisa tahu apakah sudah mencapai target yang ditetapkan atau tahu bagian mana yang harus ditingkatkan ke depannya. Bisa dikatakan bahwa Instagram tools di bawah ini sangat krusial untuk pertumbuhan bisnis Anda.

16. Instagram Insights (Android, iOS)

Instagram Tools gratis satu ini sudah secara otomatis Anda dapatkan saat mengubah akun menjadi akun bisnis.

Walaupun gratis, Instagram Insights adalah tools instagram dengan fitur cukup lengkap untuk keperluan analisis dan monitor data.

Anda bisa mengetahui demografi audiens, postingan mana yang terpopuler, impression, hingga jangkauan konten. Plus, Anda juga bisa membandingkan performa postingan biasa dengan postingan Instagram Ads. Jadi, Anda bisa mengetahui apakah uang yang dikeluarkan itu tak sia-sia.

Harga: Gratis

Fitur unggulan:

  • Otomatis tersedia di akun bisnis;
  • Gratis tapi dengan fitur dasar yang bagus.

17. Awario (Web)

Awario adalah salah satu Instagram tools terbaik untuk memonitor media sosial.

Beberapa fitur terbaik Awario adalah pemberitahuan apabila ada yang mention, monitor performa kompetitor, dan tentu saja memberikan analisis performa mendalam.

Cukup atur kata kunci atau hashtag yang ingin dimonitor dan Anda akan mendapatkan email ketika ada orang yang menggunakannya. Selain Instagram, Awario juga mendukung media sosial lain seperti Facebook, Twitter, hingga YouTube.

Harga: Free Trial 14 hari. Setelah itu, $29/bulan untuk Starter dan $89/bulan untuk Pro.

Fitur unggulan:

  • Pemberitahuan mention;
  • Monitor kompetitor;
  • Harga paket murah.

18. Sprout Social (Android, iOS, Web)

instagram tools analisis sprout social
Instagram tools ini dapat menganalisa satus atau postingan akun sosial media Anda

Sprout Social tak hanya menawarkan analisis, tapi juga bisa untuk menjadwal terbitnya konten. Anda bisa mengetahui analisis mendalam mengenai performa postingan terakhir yang diupload, serta juga bisa melacak engagement dari follower.

Selain itu, Sprout Social juga bisa memonitor hashtag dan komentar sehingga Anda bisa tahu apa yang sedang hangat dibicarakan netizen di Instagram. Jika Anda ingin meningkatkan engagement, Sprout Social adalah tools Instagram terbaik yang wajib dicoba.

Harga: Free Trial 30 hari. Setelah itu, $99/bulan untuk versi Standard.

Fitur unggulan:

  • Mengetahui apa yang sedang hangat diobrolkan pengguna Instagram;
  • Salah satu tools Instagram terbaik untuk meningkatkan engagement;
  • Free Trial terlama dibandingkan yang lain.

19. Social Insider (Web)

Social Insider adalah Instagram tools analisis yang kaya akan fitur.

Beberapa di antaranya adalah Anda bisa mengetahui hashtag mana memiliki engagement terbaik, monitor kompetitor, membandingkan profil, dan masih banyak lainnya.

Harga: Free Trial 7 hari. Setelah itu, Anda bisa berlangganan mulai dari $59/bulan.

Fitur unggulan:

  • Kaya akan fitur;
  • Melacak engagement dari hashtag.

20. Iconosquare (Android, iOS, Web)

Iconosquare merupakan Instagram tools 3-in-1.

Anda bisa menjadwal konten, memonitor apa yang netizen bicarakan, serta menganalisa performa bisnis Instagram Anda. Analisis ini menunjukkan tingkat engagement, impressions, jangkauan, dan bahkan performa stories.

Iconosquare juga memiliki fitur untuk memonitor hastag dan kompetitor Anda. Sehingga Anda bisa selalu update dan merubah strategi promosi untuk menyesuaikan trend.

Harga: Free Trial 14 hari. Setelah itu, $29/bulan untuk versi Pro.

Fitur unggulan:

  • Tools Instagram komplit 3-in-1;
  • Harga paket yang tak mahal.

Kesimpulan

Demikian Instagram tools terbaik bagi bisnis Anda.

Kami harap bisnis Anda bisa mendapatkan hasil yang diinginkan dengan bantuan 20 tools Instagram ini. Supaya tools Instagram di atas bisa berfungsi dengan maksimal, jangan lupa untuk menerapkan strategi Instagram Marketing terlebih dahulu, ya! 

Terapkan juga strategi digital marketing agar bisnis Anda tak hanya sukses di Instagram, tapi juga di seluruh internet. Bagaimana caranya? Anda bisa mempelajarinya di → Belajar Digital Marketing Lengkap untuk Pemula. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here