Cara Membuat Konten Berkualitas dan Fakta tentang SEO

0
59

Internet telah menjadi semacam kebutuhan kedua umat manusia. Para pengguna Internet sudah semakin cerdas dan hafal betul dengan teknik lama. Orang-orang mengharapkan jawaban terbaik dari Google search. Karena itulah mengapa Google berusaha memberikan jawaban terbaik dalam setiap pencarian.

  • Kerja Keras

Ketika Anda membaca ini, membuat konten unik dan SEO memang terdengar sederhana. Namun, pada praktiknya, tetap saja memerlukan sebuah kerja keras. Itu yang menyebabkan orang-orang menjauh dari SEO dan lebih suka menggunakan jasa orang lain untuk berurusan dengan SEO.

  • Lakukan dengan Benar

Berurusan dengan algoritma mesin pencari adalah sebuah kerja keras. Mencari trik dan taktik terbaru adalah pekerjaan yang lebih sulit lagi.

Namun jangan dulu berkecil hati, jika kita melakukan ini dengan benar sejak semula, kita tidak perlu melakukan banyak perbaikan. Atau jika kita telah melakukan perbaikan, mulailah lagi dengan benar.

  • Natural

Ketika membangun sebuah laman atau situs web, atau ketika mengembangkan situs yang sudah ada, buatlah senatural mungkin. Hal yang sama juga berlaku untuk konten dan hal-hal lain di luar itu.

Coba pikirkan bagaimana jika seseorang (atau mesin pencari) menemukan situs web Anda berubah secara drastis dari sebelumnya. Tiba-tiba, situs web Anda yang tadinya biasa-biasa saja jadi memiliki banyak konten, video, dan secara ajaib memiliki ratusan ribu atau jutaan follower di media sosial. 

Kemungkinan, orang-orang (atau mesin pencari) akan merasa terkejut. Perubahan situs web Anda yang tampak tidak alami itu akan menyebabkan mereka tidak percaya lagi dan mengibarkan “bendera merah”.  Bukan tidak mungkin mereka tidak akan lagi mengunjungi situs web Anda.

  • Sistematis dan Terorganisasi

Agar terlihat natural, lakukan segala sesuatunya secara sistematis dan terorganisasi. Dengan begini, para pembaca dan mesin pencari akan menganggap bahwa situs web Anda dioperasikan oleh orang betulan dan melakukan teknik SEO betulan, bukan dioperasikan oleh robot atau mesin.

Hasilnya, situs web Anda akan mendapatkan kepercayaan dari pembaca dan diberi “imbalan” berupa peringkat yang lebih baik oleh mesin pencari.

  • Jangan Percaya Mitos

Kami yakin bahwa Anda sudah pernah mendengar dan membaca ribuan hal tentang SEO. SEO tidak bisa dilakukan atau diperbaiki hanya dalam waktu satu malam. Tidak ada satu orang pun ahli atau agensi di luar sana yang bisa begitu saja mengayunkan tongkat dan menangani seluruh masalah Google dan mesin pencari dalam sekejap mata. Bahkan, orang paling ahli di bidang SEO pun harus melakukan teknik yang sama dan bertahap berkenaan dengan SEO dan konten.

Jangan sampai rela dibodohi oleh mereka yang mengatakan bahwa mereka mampu membuat situs web Anda berada di halaman pertama mesin pencari dalam waktu singkat. Juga jangan percaya kepada mereka yang mengatakan mampu membuat konten istimewa yang tidak bisa dibuat oleh orang lain.

SEO bukan hanya tentang metode untuk menempatkan situs web Anda di halaman pertama pencarian. SEO adalah sebuah petualangan. SEO adalah seni sekaligus ilmu. Sekarang, SEO bahkan bisa dibilang ilmu tentang psikologi.

Ya, Andalah yang menentukan “takdir” situs web Anda di dunia online, tapi jangan lupa untuk tetap mengikuti aturan. Aturan-aturan yang kita bahas sebelum ini, tentang konten berkualitas, tentang user friendly, dan lain-lain, sebetulnya tidak pernah berubah sejak dulu. Ketika Anda memutuskan untuk mempercepat SEO dengan teknik-teknik yang tidak natural, situs web Andalah yang akan menanggung konsekuensinya. Sebaliknya, jika Anda tetap mengikuti aturan dan fokus kepada kemudahan pengguna atau pembaca, maka situs web yang Anda kelola akan mendapatkan imbalan yang sepadan.

*

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here