Cara Jitu Membuat Website Menarik dengan Integrasi Facebook

0
94

Apa yang Anda pikirkan?

Sebagian (besar) dari Anda pasti cukup familiar dengan ekspresi ini. Ya, kalimat tanya ini merupakan versi Bahasa Indonesia dari ekspresi “What’s on your mind?” pada kolom penulisan status website media sosial paling populer di dunia: Facebook.

Tapi Facebook rupanya tidak hanya melulu soal update status. Tentu saja Anda dapat menulis status untuk berbagi kegundahan hati, tapi Facebook belakangan difungsikan untuk kegunaan lebih dari itu. Berbagi momen spesial dengan kerabat melalui foto dan video, ya, tentu saja – pengguna Facebook kasual pasti melakukan itu. Berbagi informasi aktual mengenai skandal politik terbaru? Ah, itu sudah biasa. Berbagi promo terbaru mengenai layanan Anda agar dapat dilihat oleh lebih banyak orang? Tepat sekali, kami sangat menganjurkan hal ini.

Jadi, mari kita sedikit ubah perspektif dalam memandang Facebook ini. Ya, Facebook adalah media berbagi dengan jumlah pengguna aktif paling banyak di dunia pada saat in, mencapai rataan 890 juta pengguna aktif tiap bulan! Dengan jumlah ini, Facebook menawarkan peluang hampir tidak terbatas untuk terus mengembangkan bisnis Anda. Yang perlu Anda lakukan di sini hanyalah membuat website yang baik dan mengintegrasikan Facebook ke website Anda. Sesederhana itulah rahasianya.

baca juga : Jasa Pembuatan Website & SEO ter-ekonomis Aceh

Saya tidak membutuhkan website, akun Facebook untuk berjualan saja sudah cukup.

Biar kami bisikkan sedikit rahasia: website akan membuat bisnis Anda terlihat lebih kredibel di mata pelanggan. Facebook memang baik untuk berbagi informasi mengenai promo layanan Anda, namun terkadang masih terasa kurang memadai jika dijadikan satu-satunya ujung tombak tampilnya bisnis Anda di internet. Oleh karena itu, website yang terintegrasi dengan Facebook dapat dijadikan solusi akan hal ini.

Ulasan kami kali ini akan membahas cara membuat Facebook dan kemudian mengintegrasikannya ke website Anda. Tenang saja, cara ini terbilang mudah dan Anda dapat mencobanya sendiri di rumah.

baca juga : perancang acara bisnis yang kreatif & inovatif, dengan harga sesuai anggaran

Setelah website Anda selesai dikembangkan, Anda dapat mulai membuat akun Facebook dengan mengakses website resmi mereka. Di halaman muka, silakan isi data yang diperlukan seperti Nama, Email dan nomor ponsel, kata sandi, tanggal lahir, dan jenis kelamin. Kemudian, klik “Mendaftar”. Facebook akan melakukan verifikasi atas diri Anda melalui nomor ponsel atau email tidak lama setelah Anda melakukan pendaftaran.

2

Jika Anda sudah memiliki akun Facebook, lewati langkah pembuatan akun cara membuat Facebook di atas dan langsung masuk ke akun Anda. Setelah itu, klik tombol berbentuk segitiga di bagian kanan atas halaman beranda Anda dan pilih “Buat Halaman”. Anda juga dapat langsung menuju ke alamat https://www.facebook.com/pages/create untuk mengakses halaman ini.

baca juga : Design interior & Furniture Aceh gratis ongkir

Facebook-page-2

Pilih jenis fan page yang sesuai dengan bidang Anda. Karena ini adalah tutorial cara membuat Facebook fan page untuk bisnis, kami sarankan agar Anda memilih opsi “Tempat atau Bisnis Lokal”. Isi data lengkap bisnis Anda berikut dengan kategori, kemudian klik “Memulai”. Setelah itu, Anda tinggal mengikuti petunjuk yang ada di layar, termasuk mengisi bio, mengunggah foto, dan sebagainya. Voila! Fan page Facebook Anda kini siap digunakan.

5

Langkah selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah memulai proses cara integrasi membuat Facebook dengan website Anda. Tujuan utama dari hal ini adalah menampilkan fan page bisnis Anda di website, sehingga pengunjung dapat melakukan interaksi seperti like, share, maupun comment dengan lebih mudah.

Cara membuat Facebook dan melakukan integrasi ini sebenarnya sederhana saja, Anda hanya perlu memasang kode Social Plugins di halaman website. Untuk mendapatkan kode ini, Anda pun tidak diharuskan membuatnya dari nol, melainkan dengan mengakses URL http://developers.facebook.com. Terdapat deretan pilihan Social Plugins Facebook yang dapat Anda pilih sesuai dengan keinginan, lengkap dengan code generator sehingga Anda tinggal memasangkannya di antara tag <body></body> pada halaman website Anda.

baca juga : Paket Wisata termurah di Aceh

Di bawah ini adalah beberapa Social Plugins yang sangat kami rekomendasikan untuk dipasang pada halaman website Anda sehubungan dengan proses integrasi ini.

4

1. Tombol Like/Suka.

Tombol ini dapat dimunculkan untuk mengajak pengunjung menyukai maupun melakukan share halaman URL spesifik yang terdapat pada website Anda. Di sini Anda dapat melakukan kustomisasi URL yang diinginkan, bentuk layout, hingga tipe tombol yang diinginkan.

Facebook-page-5

2. Tombol Share/bagikan.

Salah satu kekuatan utama Facebook sebagai media sosial terletak pada fitur “share” atau “bagikan” yang dapat menjadikan suatu konten viral dan banyak dibicarakan. Nah, Anda dapat menempatkan tombol ini pada website untuk mengajak para pengunjung agar melakukan “Share” sebanyak-banyaknya.

baca juga : bisnis kopi gayo terbaik, termurah, terpercaya

3. Embedded Posts.

Embedded Post adalah cara mudah untuk memasang Public Post di Facebook pada halaman konten website Anda. Namun ingat, hanya Public Post dari Halaman atau Profile Facebook saja yang dapat dipasangkan. Anda dapat menyetel lebar piksel alamat URL spesifik postingan ini.

4. Tombol Ikuti.

Selain like dan share, Facebook juga memiliki fitur untuk mengikuti suatu halaman – ya, seperti Twitter maupun Instagram. Anda dapat memasang tombol untuk mengikuti ini halaman website, dengan kustomisasi alamat URL, skema warna, dan ukurannya.

5. Comments/Kolom Komentar.

Kolom komentar sangat krusial untuk dipasangkan pada halaman website Anda. Manfaat dari diaktifkannya fungsi ini adalah Anda bisa melihat dengan langsung apa kata pengunjung mengenai konten website Anda.

baca juga : memulai bisnis kopi luwak

6. Like Box

Cara membuat Facebook dan integrasi ke website Anda selanjutnya adalah Like Box, versi spesial dari tombol “Like”. Di kolom ini Anda dapat menampilkan postingan terbaru dan menyukai Fan Page Anda, hingga siapa saja teman Anda yang turut me-like Fan Page tersebut.

Facebook-page-10

Setelah segala sesuatunya dipasang dan dioptimasi dengan benar, Fan Page Facebook Anda memerlukan update berkala. Caranya bisa Anda mulai dari meningkatkan frekuensi postingan dalam satu hari. Postingan ini bisa berupa gambar, video, informasi produk terbaru, hingga link yang berisi ilmu berharga. Lakukan optimasi secara berkala, niscaya pelanggan akan datang dari sinergi berkesinambungan antara website dan laman Facebook Anda.

baca juga : pusat wallpaper & desain interior di Aceh

Featured Image Facebook vector designed by Freepik

materi dari : https://www.niagaweb.co.id/blog/cara-jitu-integrasi-website-facebook/#

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here