7+ Rekomendasi Buku Bisnis Online yang Bisa Dibaca saat Work From Home

0
14

Tahukah Anda, kebiasaan apa yang sama-sama dimiliki oleh orang-orang terkaya di dunia? 88 persen dari mereka gemar membaca buku. Minimal, mereka menghabiskan waktu 30 menit setiap harinya untuk melakukan hal ini.

Alasan para pebisnis sukses memilih kebiasaan membaca adalah untuk mengamunisi diri mereka dalam menghadapi persaingan yang ketat. Semakin tinggi wawasan, semakin mudah mereka dalam melihat peluang untuk menghasilkan banyak uang.  

Begitupun Anda, yang jika ingin sukses dalam berbisnis online, kegiatan membaca harus ada di dalam to do list Anda sekarang juga!

Namun, kira-kira buku seperti apa sih yang perlu dibaca? Tenang. Di artikel ini kami sudah menyiapkan berbagai rekomendasi buku bisnis online yang bisa memperkaya wawasan Anda. Ini dia daftarnya!   

1. “The Lean Startup” – Eric Ries

Buku bisnis The Lean Startup

Eric Ries, seorang penulis blog ternama sekaligus pengusaha menciptakan buku The Lean Startup di tahun 2014. Ia juga populer sebagai penasihat bisnis di berbagai perusahaan besar, startup, hingga sempat menjadi dosen tamu di Harvard Business School.

Sesuai judulnya, buku ini ditujukan untuk Anda yang ingin membangun startup di tengah kondisi bisnis yang dinamis. Startup identik dengan ketidakpastian dan berubah-ubah sehingga kerap mengakibatkan kegagalan alias bangkrut.

Eric memandang bahwa kegagalan startup disebabkan oleh sistem manajemen yang tidak rapi dan terstruktur. Walaupun fleksibilitas dan kreativitas menjadi tolak ukur untuk berhasil,  hal ini belum cukup untuk menghadapi di situasi pasar yang tak menentu. 

Itulah mengapa, dalam bukunya yang berjudul “Lean Startup” ia menyajikan metode baru yang efektif dalam menjalankan startup. Buku ini menawarkan strategi yang memungkinkan startup untuk beradaptasi dengan risiko dan biaya minimal dalam waktu yang singkat.

Baca Juga: 7+ Taktik Growth Hacking untuk Mengembangkan Startup

2. Rework – Jason Fried dan David Heinemeier Hansson

Buku Bisnis Rework

Buku bisnis terbaik berikutnya yang patut Anda baca adalah Rework. Buku ini memiliki teori bisnis yang terbilang unik. Penulisnya,  Jason Fried dan David Heinemeier Hansson, mempunyai pandangan berbeda terhadap cara menjalankan bisnis yang sebenarnya.

Kalau selama ini Anda terbiasa dengan pola yang diawali dengan business plan, mengenali pasar, mencari investor dan lain-lain, buku ini sama sekali tidak menyarankan itu. Jason dan David justru menyuruh Anda untuk berhenti mencari investor, berhenti untuk berkompetisi, bahkan berhenti menjadi workaholic jika ingin berhasil.

Mereka juga menganggap kebiasaan seperti keseringan meeting atau rekrutmen dengan proses panjang bukanlah hal yang penting. Intinya, buku ini akan membuat Anda sering terkejut dengan segala pandangan penulis yang mind blowing.

Segala perspektif bisnis yang Anda ketahui selama ini akan sangat bertolak belakang. Mungkin Anda akan sering mengernyitkan dahi saat membacanya. Namun yang pasti, buku ini banyak memberikan solusi untuk memiliki mindset yang anti-mainstream agar bertahan saat menghadapi tantangan berbisnis.

3. The E-Myth Revisited: Why Most Small businesses Don’t Work and What to Do About It – Michael Gerber

Buku Bisnis The E Myth

The E-Myth Revisited termasuk buku bisnis online yang banyak digemari para pebisnis, khususnya di Amerika. Terbit sejak tahun 2004, buku ini menceritakan alasan mengapa banyak bisnis kecil yang gagal dan sulit berkembang.

Seringkali saat menemui masalah, pengusaha kerap merasa stuck, putus asa, dan akhirnya kapok untuk melanjutkan. Nah, kalau Anda pernah merasakan atau ingin menghindari kondisi tersebut, buku ini bisa memberikan solusinya. 

Terdiri dari 19 bab, Anda akan menemukan banyak contoh studi kasus dari bisnis rumahan hingga bisnis besar seperti McDonald’s. Buku ini akan mengubah mindset Anda dalam menghadapi setiap tahap kehidupan bisnis. Dari saat merintis, berkembang, hingga di saat bisnis mulai menapaki puncak kesuksesan.

4. Don’t Make Me Think – Steve Krug

Buku Bisnis Don't Make Me Think

Saat menciptakan website untuk bisnis, banyak aspek yang perlu diperhatikan selain soal desain. Salah satunya dari sisi penggunaan. Buku Don’t Make Me Think karya Steve Krug menjelaskan tentang penggunaan website dengan memakai bahasa yang ringan dan tidak membosankan.

Sesuai judulnya, Steve mengatakan bahwa website yang baik adalah website yang tidak membuat user banyak berpikir ketika sedang menggunakannya. Sebab, tidak ada satupun pengguna yang ingin tersesat ketika mengunjungi sebuah website.

Yang mereka cari bukan hanya desain yang menarik. Tapi juga penggunaan yang mudah. Oleh karena itu, Steve Krug sebagai pakar developer merangkum pengalamannya bertahun-tahun untuk membuat buku ini. Ia memberikan banyak contoh nyata yang disertai dengan penjelasan yang logis dan efektif.

Ya, walaupun desain dan usability website selalu menjadi PR developer, Anda sebagai pebisnis tetap harus tau apa saja prinsip utama dalam membangun website yang tepat.

Baca Juga: Panduan Lengkap Usability Testing Website untuk Pemula

5. Jab, Jab, Jab, Right Hook – Gary Vaynerchuk

Buku Bisnis Jab, Right Hook

Seperti yang kita tahu, keberadaan media sosial saat ini telah beralih menjadi platform utama untuk mempromosikan bisnis.Namun, seperti apa strateginya?

Gary Vaynerchuk dalam bukunya yang berjudul Jab, Jab, Jab, Right Hook mengajarkan para pengusaha untuk memaksimalkan penggunaan media sosial sebagai media promosi bisnis. Ia menekankan bahwa dari jutaan posting yang ada di Instagram, Facebook, atau Twitter, bisnis Anda harus memiliki keunikan tersendiri.

Anda akan dikenalkan mengenai cara menyajikan konten dengan konsep storytelling. Sekaligus cara menciptakan karakter yang kuat untuk branding.Ia juga memberi tahu bahwa Anda tidak bisa menggunakan strategi yang sama pada masing-masing platform. 

Misal bagaimana membuat konten Instagram dengan konsep story telling dan menciptakan visual yang eye-catching. Atau bagaimana trik untuk mempertahankan engagement yang tinggi di Facebook dengan perubahan algoritma yang tak menentu. Serta memanfaatkan fitur Facebook Analytics untuk melakukan promosi. 

Singkatnya, Anda bakal mempelajari banyak hal tentang branding melalui media sosial di buku ini. Sekaligus cara membangun hubungan yang kuat dengan para audiens Anda.

6. Contagious, Why Thing Catch On – Jonah Brager

Buku berjudul Contagious

Pernahkah Anda berpikir, apa yang membuat sebuah konten bisa viral? Mengapa ada suatu iklan yang menjadi bahan perbincangan banyak orang, sedangkan yang lainnya tidak? 

Nah, buku Contagious, Why Things Catch On karya Jonah Berger dapat memberikan jawabannya. Buku bisnis ini menjelaskan peran dari strategi word of mouth (WOM) atau mulut ke mulut yang membuat sebuah konten berhasil viral. 

Sesuai judulnya “Contagious” (Menular)”, menggambarkan bagaimana produk atau iklan dapat menjadi buah bibir banyak orang di waktu singkat. Buku ini juga mengungkapkan, komunikasi secara online (telepon/chat) hanya 7% dari keseluruhan komunikasi sehari-hari.

Padahal, selama ini kita merasa bahwa komunikasi kita lebih sering dilakukan melalui gadget. Maka itu, buku ini membuktikan jika sesuatu yang viral bukan hanya dipengaruhi dari media online saja. Tapi juga karena pembicaraan yang dilakukan secara langsung dari mulut ke mulut (offline).

7. The $100 Startup: Fire Your Boss, Do What You Love and Work Better To Live More – Chris Guillebeau

Buku berjudul The 100 Startup

Dari judul buku satu ini saja sudah kelihatan menarik. Dan nyatanya, buku bisnis ini memang telah dinobatkan sebagai New York Time Best Seller, lho.

Ya, buku The $100 Startup ditulis oleh Chris Guillebeau.  ia telah berkeliling ke 193 negara dan banyak melakukan riset terkait bisnis. Sehingga dengan membaca buku ini, Anda bisa mendapatkan banyak insight yang kredibel dari risetnya mengenai cara sukses untuk berbisnis. 

Apalagi setelah mendengar pengalaman Chris yang menceritakan bahwa ia berhasil membangun bisnis  dengan modal $100 saja. Ia pun meyakinkan bahwa setiap manusia tidak perlu bekerja sebagai pegawai hanya untuk mendapatkan uang. Siapa pun tetap bisa menjadi kaya hanya dengan melakukan apa pun yang disukai. 

Nah, di buku ini Anda akan diajarkan tentang bagaimana cara memulai bisnis dengan ide yang simple. Bahkan, ada banyak hal sepele di sekitar Anda yang ternyata berpotensi untuk dijadikan bisnis, lho. So, jika Anda membutuhkan tips berbisnis yang praktis, mudah dan modal kecil, buku ini bisa menjadi solusinya.

8. Digital Marketing for Dummies – Ryan Deiss dan Russ Henneberry

Buku Digital Marketing for Dummies

Semakin canggihnya teknologi,  semakin ketat pula persaingan bisnis digital. Itu artinya, strategi bisnis Anda harus lebih kuat. Termasuk strategi digital marketing.

Nah, kalau Anda merasa pengetahuan terkait hal tersebut masih sangat terbatas,  buku ini cocok untuk Anda. Ryan Deiss dan Russ Henneberry, keduanya merupakan pengusaha yang telah berpengalaman di bidang digital marketing.

Digital Marketing for Dummies ditulis dengan bahasa yang lugas sehingga sangat pas buat Anda yang masih awam dengan hal ini. Anda akan dipandu dengan step-by-step untuk meningkatkan engagement, brand awareness, dan cara mendapatkan pelanggan. 

Selain itu, buku ini juga memberikan best practices SEO dan SEM, strategi content marketing yang efektif, hingga memanfaatkan influencer untuk menunjang performa bisnis Anda. Seperti yang kita tahu bahwa strategi digital marketing akan terus berubah mengikuti kemajuan teknologi.

Apa yang sudah berhasil, mungkin tidak akan berhasil lagi di masa depan. Tapi, jangan khawatir! Buku ini akan memberikan solusi agar Anda tetap up to date dengan perubahan kondisi digital yang tidak menentu.

Baca Juga: Panduan Lengkap Memaksimalkan Image SEO untuk Website

9. Building a StoryBrand: Clarify Your Message So Customers Will Listen – Donald Miller

Buku tentang Building a Story Brand

Sebuah bisnis tidak akan memiliki brand yang solid jika tidak mampu menciptakan customer experience yang baik. Seperti yang dikatakan buku Building a StoryBrand, posisikanlah brand Anda sebagai hero atau pahlawan yang ingin menolong pelanggan saat kesulitan.

Jadilah pendengar yang baik, pahami apa masalah mereka, dan bantulah mereka dengan produk/layanan yang bisnis Anda miliki. Dinobatkan sebagai New York Time Bestselling Author, Donald Miller menyampaikan beberapa elemen penting yang bisa mempertajam kualitas brand Anda di mata pelanggan.

Buku ini ditulis dengan alur yang jelas, detail, dan disajikan dalam bentuk story telling yang membuat Anda tidak akan merasa bosan. Di dalamnya terdiri dari tiga topik, yang masing-masingnya dapat membuka wawasan Anda terkait branding.

Di bagian pertama, penulis menjelaskan faktor apa saja yang membuat bisnis gagal untuk menarik pelanggan. Kemudian di bagian kedua, ia memberikan solusi bagaimana cara untuk memenangkan hati pelanggan. 

Dan di bagian ketiga, ia membagikan tips lengkap untuk membuat konten yang bisa menarik pelanggan layaknya magnet. Mulai dari konten untuk newsletter, blog, website, hingga media sosial.

10. Growth Hacker Marketing: A Primer on the Future of PR, Marketing, and Advertising – Ryan Holiday

Buku Growth Hacker Marketing

Cukup berbeda dari sekian buku yang sudah disebutkan sebelumnya, buku bisnis satu ini memiliki halaman yang lebih sedikit. Namun biarpun singkat, buku ini sangat layak dibaca untuk Anda yang ingin memiliki bisnis online. 

Growth Hacker Marketing mengingatkan bahwa strategi marketing konvensional sudah tidak lagi relevan. Sebab, pebisnis tak perlu lagi mengalokasikan budget tinggi untuk memasang billboard, atau membayar iklan di TV dan media cetak. Tetapi, kini pebisnis lebih ditantang untuk bisa memanfaatkan media digital dengan strategi yang out of the box.

Maka melalui buku ini, Anda bisa mendapatkan banyak pengetahuan mengenai growth hacking untuk mempromosikan bisnis. Jika kebanyakan bisnis menggunakan banyak dana di awal untuk meningkatkan brand awareness, buku ini justru sebaliknya. Growth hacking mengajarkan Anda untuk lebih memfokuskan pada niche market. 

Setelah bisnis Anda sudah mulai dikenal, barulah Anda menyasar pasar yang lebih luas. Tidak lupa, Anda juga akan disajikan berbagai tips seputar inovasi dan pengembangan produk. Sebab, keduanya memiliki peranan yang kuat sebagai senjata keberhasilan bisnis.

11. Everybody Writes: Your Go-To Guide to Creating Ridiculously Good Content – Ann Handley

Buku berjudul Everybody Writes

Selama bisnis Anda akan berhubungan dengan Instagram, Facebook, atau website, itu artinya Anda juga akan bergelut dengan aktivitas menulis. Ya, menulis untuk content marketing. Tapi, apakah Anda sudah yakin dengan kemampuan menulis Anda?

Jangan khawatir! Buku Every Writes akan meyakinkan Anda bahwa siapa pun adalah penulis. Ann Handley, di dalam buku ini menyampaikan pentingnya kemampuan menulis bagi para pebisnis online. Kepiawaian Anda dalam menulis akan mempengaruhi audiens dalam menanggapi brand Anda.

Dengan kata lain, tulisan Anda akan menjadi cerminan dari kualitas bisnis Anda. Mulai dari penggunaan kosakata, hingga bagaimana Anda menyajikannya dalam bentuk casual, friendly, professional atau sebagainya.

Everybody Writes merupakan buku bisnis terbaik yang patut untuk Anda miliki. Anda bisa belajar banyak dari pakar content marketer Ann Handley, melalui buku ini. Dengan penyampaian yang lugas dan praktis, maka kecakapan Anda untuk menciptakan content marketing yang berkualitas bisa meningkat tajam. 

12. They Ask You, You Answer: A Revolutionary Approach to Inbound Sales, Content Marketing, and Today’s Digital Consumer, Revised & Updated – Marchus Sheridan

Buku Bisnis They Ask You, You Answer

Buku bisnis online terakhir yang wajib Anda baca adalah They Ask You, You Answer. Penulisnya, Marchus Sheridan dikenal sebagai web marketing guru oleh New York Times. Buku ini memiliki strategi pemasaran revolusioner yang membantu untuk mendorong pertumbuhan dan penjualan bisnis Anda.

Seperti yang kita tahu, kesuksesan bisnis digital tidak pernah lepas dari konten yang berkualitas. Makanya, di dalam buku ini Marchus mengajarkan Anda mengenai strategi content marketing dan inbound sales yang efektifmelalui beberapa prinsip yang ia buat.

Buku edisi terbaru yang sudah diupgrade ini juga menyimpan banyak informasi tambahan yang dibutuhkan oleh para pebisnis online. Anda akan belajar mengenai:

  • Cara membangun kepercayaan pelanggan melalui konten dan video.
  • Mengubah website yang menjadi magnet untuk memperoleh pelanggan potensial.
  • Mengapa bisnis Anda perlu dianggap layaknya “media”, bukan seperti bisnis pada umumnya.
  • Bagaimana mengubah pembeli menjadi pelanggan setia.
  • Dan masih banyak lagi.

Maka itu, jika bisnis online Anda ingin memperoleh lebih banyak traffic, leads dan sales, buku ini wajib untuk Anda baca. 

Penutup

Di zaman yang serba digital seperti sekarang, memiliki bisnis online merupakan impian banyak orang. Namun meningkatnya kemajuan teknologi, membuat persaingan bisnis pun semakin ketat. Lalu, apa yang harus Anda lakukan? Baca buku salah satunya.

Walaupun ada jutaan business hacks yang bisa Anda dapatkan di internet, buku masih menjadi medium terbaik untuk belajar. Pas dengan istilah yang mengatakan buku adalah jendela dunia. 

Maka itu, di artikel ini kami pun telah memberikan 7+ rekomendasi buku bisnis terbaik yang bisa Anda baca. Itung-itung sembari mengisi waktu Anda dikala work from home biar tetap produktif. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here