3 Laporan SEO Google Analytics Untuk Meningkatkan di Mesin Pencarian

0
69
Tips memilih foto untuk desain website

Akun Google Webmasters Tools yang terintegrasi dengan akun Google Analytics dapat memberikan banyak manfaat bagi website-mu. Karena Google Analytics yang beroperasi secara mandiri tidak dapat menampilkan banyak data tentang trafik organik website, kamu membutuhkan laporan Search Engine Optimization (SEO) yang bermanfaat untuk meningkatkan peringkat website di mesin pencarian.

Ulasan tentang tiga laporan SEO Google Analytics berikut ini akan membantumu memaksimalkan trafik dan peringkat website:

1. Queries
Laporan SEO yang disebut queries akan menampilkan semua kata kunci yang berkontribusi terhadap peringkat website, jumlah akses yang diterima, serta peringkat rata-rata yang diperoleh website-mu. Data-data yang tertera pada laporan queries biasanya tertunda selama dua hari untuk proses identifikasi, sehingga Kamu tak akan bisa mengakses laporan queries untuk website baru.

Sistem laporan SEO queries akan menyajikan data berdasarkan konten website yang paling banyak diakses, sehingga jumlah konten yang paling diminati audiens akan berada pada daftar teratas. Cara paling efektif untuk meningkatkan peringkat website adalah meningkatkan rasio klik tayang (click through rate) dan mengubah teks yang Kamu gunakan dalam konten. Konten yang menarik dengan sistem SEO yang tepat biasanya efektif menaikkan peringkat mencapai persentase 40% sampai 50%. Jangan lupa menggunakan kata kunci yang sangat berkaitan dengan konten untuk memperbesar trafik organik website-mu.

baca juga : oleh oleh khas Aceh

baca juga : Paket Wisata termurah di Aceh

baca juga : bisnis kopi gayo terbaik, termurah, terpercaya

2. Landing Pages
Struktur laporan landing pages hampir sama dengan laporan queries. Laporan landing pages akan menunjukkan kata kunci yang berhubungan dengan peringkat website, jumlah akses yang diterima, dan peringkat rata-rata yang diperoleh website. Namun, biasanya data mengenai rasio click through rate pada laporan landing pages akan jauh lebih rendah dibandingkan hasil laporan queries. Hal ini disebabkan laporan landing pages mempertimbangkan kata kunci secara keseluruhan, bukan secara individu.

Ketika memeriksa laporan landing pages, Kamu harus melakukan pemeriksaan silang dengan laporan queries. Hal tersebut tidak sulit dilakukan karena biasanya kata kunci terpopuler akan langsung mengarah ke sepuluh halaman teratas website-mu.

3. Geographical Summary
Geographical summary akan memberikan laporan mengenai negara asal pengunjung website-mu. Mempelajari tentang statistik negara asal pengunjung website merupakan strategi digital marketing yang penting bagi sebuah bisnis. Bila website-mu mendapatkan kunjungan dari negara tertentu, berarti kemungkinan besar Kamu dapat melakukan ekspansi bisnis ke negara tersebut.

Kamu juga bisa mengatur Google Analytics agar fokus terhadap pengunjung dari satu negara saja. Caranya yaitu dengan masuk ke akun Google Webmaster Tools, pilih website-mu lalu klik icon gear dan pilihlah site settings (pengaturan situs). Kamu juga bisa menargetkan peningkatan trafik pengunjung dari berbagai negara dengan cara menerjemahkan website ke bahasa yang berbeda-beda.

baca juga : oleh oleh khas Aceh

baca juga : Paket Wisata termurah di Aceh

baca juga : bisnis kopi gayo terbaik, termurah, terpercaya

baca juga : pusat wallpaper & desain interior di Aceh

baca juga : memulai bisnis kopi luwak

Jika Kamu mendapatkan data dari ketiga laporan SEO tersebut, niscaya Kamu bisa memutuskan strategi terbaik untuk meningkatkan efektivitas. Tayangan iklan online atau proses bisnis e-commerce akan berlangsung lancar kalau Kamu mampu membidik target pasar secara tepat. Pemanfaatan Google Analytics bagi website-mu pun akan semakin maksimal.

materi berasal dari : https://www.kompasiana.com/talkdgtl/5d5f9896097f3638a11a15c6/3-laporan-seo-google-analytics-untuk-meningkatkan-di-mesin-pencarian

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here